Kamis, 02 November 2017

BAND BUDDHIS TANGERANG

Namo Buddhaya rekan se - dhamma
Terpujilah guru agung kita
Sotthi Hotu
Semoga rekan sekalian dalam keadaan berbahagia


Pada kesempatan kali ini, penulis akan memperkenalkan kelompok musik (band) buddhis di daerah Tangerang. Band ini adalah beranggotakan pemuda - pemudi buddhis di suatu Vihara. Jadi band ini berasal dari setiap Vihara yang memiliki umat yang bisa bermain musik dan bernyanyi. Langsung saja berikut informasinya :

1. SADDHA BAND


Tentunya band ini yang pertama penulis bahas, karena band ini berasal dari Vihara tempat penulis aktif. Band ini terbentuk pada tahun 2017 pada bulan Maret. Jadi merupakan sangat baru, tetapi sudah beberapa kali tampil di Pentas Seni Buddhis. Adapun kata "Saddha" yang berartikan "Keyakinan" memiliki arti setiap personil dari band ini memiliki keyakinan dan tujuan yang sama. Juga kata "Saddha" adalah berasal dari nama Vihara kami yaitu Vihara Sad Saddha.


2. MANGALA BAND



Adalah band yang berasal dari Vihara Tri Maha Ratna. Band ini juga terkadang disebut "Mangala Coustic" tergantung dari kondisi peralatan dan pemainnya. Band ini juga sudah sering manggung diberbagai Pentas Seni Buddhis. Mangala Band juga pernah tampil di perayaan waisak di Tangerang City Mall tahun 2017 yang diselenggarakan oleh KBTI Banten.

3. SEISHIN BAND


Adalah band yang berasal dari Wihara Dharmapala. Ada yang menarik dari personil band ini, yaitu mereka melatih umat yang berminat bermain musik. Yang nantinya juga menjadi penerus dari Sheishine sendiri. Selain itu juga band ini terbilang sudah cukup lama karena personilnya sudah beregenerasi.

4. KALYANA KUSTIK


Adalah band yang berasal dari Vihara Siripada. Band ini juga sudah beregenerasi dari personil sebelumnya, jadi band ini terbilang sudah cukup lama.

5. BODHI BAND


Berbeda dengan yang lain, Bodhi Band terbentuk dari berbagai umat Buddha yang aktif di Vihara yang berbeda. 

6. CSD BAND


Adalah band yang berasal dari Cetiya Surya Dharma.

7. SATOE BAND


Adalah band yang berasal dari Wihara Maha Bodhi. Band ini cukup dikenal dimasanya, dan band ini juga pernah mendapatkan juara satu pada saat perlombaan band yang diadakan Vihara kami pada saat Ulang tahun, yaitu sekitar pada tahun 2012.

8. GITA SENA BAND


Adalah band yang berasal dari Cetiya Vijja Gana. Band ini juga sudah sangat sering tampil diberbagai Pentas Seni Buddhis. Terkadang juga ada dancer disaat band ini tampil. 

9. VISUAL DREAM BAND


Adalah band yang berasal dari Vihara Tri Maha Dharma. Berbeda dengan yang lain, band ini lebih dikenal dengan Band bergenre Jepang. Karena memang yang dibawakan dari Visual Dream Band adalah lagu - lagu Jepang kebanyakan seperti dari Band Jepang, atau soundtrack dari Anime. Band ini juga sudah sangat sering tampil diberbagai acara Pentas Seni Jepang. Mungkin bagi beberapa rekan yang gemar dengan jepang pernah menyaksikan penampilannya.

Tetapi ada yang spesial dari Band ini yaitu anggotanya adalah berasal dari Vihara Tri Maha Dharma. Dan tidak hanya lagu Jepang tentunya, lagu buddhis pun dapat dibawakan band ini. Tentunya dengan ke-khas-an sendiri, lagu buddhis yang dibawakan menjadi gaya rock seperti lagu Parinibbana dan Pekik Kemenangan pernah dibawakan dengan genre Rock. Menurut penulis band ini paling berbeda dibanding yang lain.


Nah itu dia band yang penulis tau yang berasal dari Vihara di Tangerang. Tentunya inilah hasil kreativitas muda-mudi Buddhis dalam bidang musik. Karena Dhamma sesungguhnya juga bisa disampaikan dengan Lagu. Artinya setiap syair dhamma terkandung lirik lagu buddhis.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi rekan se-dhamma. Mohon maaf bila ada kesalahan kata, dan jika ingin menambahkan atau merevisi dari artikel ini penulis akan sangat senang tentunya.

Akhir kata terimalah salam kasih dalam Dhamma dari penulis
Sotthi Hotu, Namo Buddhaya
Semoga semua mahkluk berbahagia _()_

1 komentar:

Martin Yarangga mengatakan...

Ternyata banyak juga band buddhis di Tangerang, KEREN

LIRIK LAGU PERTAPA ASITA

Pertapa Asita Pertapa Asita datang ke Istana Melihat Pangeran Sidharta yang mulia Pertapa Asita tersenyum bahagia Tetapi kemu...